JavaScript is required to view this page. Penemu Mobil

Jumat, 22 Oktober 2010

Penemu Mobil



Karl Benz 25 November 1844 - 4 April 1929


Mobil dengan bahan bakar bensin yang banyak digunakan diseluruh dunia dan kerap bikin macet jalan raya dipusat kota, teryata
ditemukan pertama kali oleh sarjana dari Jerman yang dikenal dengan (Gazoline) atau penemu mobil bahan bakar bensin.
Ia bernama Karl Friedrich Benz pria kelahiran Karlsruhe Zerman 25 November 1844 silam, yang bersaing dengan Gottlieb Daimler bersama pasangannya Wilhem Maybach kala itu diwaktu bersamaan
juga sama-sama meneliti mesin dengan bahan bakar bensin.

Nampaknya Benz terlebih dahulu menyelesaikan penemuan itu dan telah mempatenkan penemuan tersebut pada tahun 1879.
Di tahun 1885, Karl Benz membangun Motorwagen, sebuah mobil pertama yang dipasarkan secara komersil, mobil dengan mesin empat langkah dengan bahan bakar bensin hasil rancangannya.

Tak hanya itu, Benz juga penemu beberapa komponen mobil seperti busi, sistem transmisi mobil, radiator air, pengapian mobil, dan karburator.

Karl Benz waktu kecil bernama Karl Friedrich Michael Vaillant. Saat Ia berusia 2 tahun, ayahnya (Johann George Benz) meninggal karena kecelakaan dan untuk itu nama Karl Friedrich Michael Vaillant diganti menjadi Karl Friedrich Benz untuk mengingatkannya pada ayahnya. Walaupun saat itu keluarganya hidup dalam kemiskinan, ibunya bersikeras untuk memberikan pendidikan yang baik untuk Benz. Pada umur 9 tahun, benz selalu tertarik pada ilmu sains. Benz melanjutkan pelajarannya di universitas politeknik Karlsruhe dibawah bimbingan Ferdinand Redtenbacher yang dikenal sebagai orang yang merintis jurusan mesin (mechanical engineering) di universitas. Pada umur 15 tahun, Benz berhasil lulus ujian masuk untuk sarjana mesin di University of Karlsruhe, dimana Benz lulus dari universitas itu pada usia 19 tahun. Pada masa-masa itu, sambil mengendarai sepedanya, Benz selalu memikirkan konsep tentang sebuah mobil, sebuah kereta kuda tanpa kuda.

Di tahun 1871, saat Ia beranjak usia 27, Benz membuka satu bengkel (workshop) di Mannheim bersama temanya,
Dibengkel tersebut ia menjual peralatan konstruksi. Namun bengkel dan workshop tersebut mengalami kerugian karena temannya berkhianat hingga Benz berurusan dengan Pemerintah setempat, yang berujung aset bisnis Benz disita.

Ada tekad setelah jauh lantas terbangun, hingga akhirnya Benz terus berusaha mengembangkan impiannya berupa mesin mobil kuda tanpa kuda, lantas ia mengembangkan mesin baru guna mendapatkan penghasilan. Pada tahun 1878, Benz mulai mengerjakan penemuan-penemuannya dan berusaha untuk mempatenkannya. Penemuan yang dipatenkan pertama kali adalah mesin dua langkah, selanjutnya berturut-turut dia juga mempatenkan system pengapian, busi, karburator, clutch, gigi transmisi dan radiator air.


Motorwagen

Motorwagen, mobil pertama dengan bahan bakar bensin

Awalnya dioperasikan Motorwagen dibuat dan diuji, banyak orang tertawa dan mengejek lantaran mobil pertama tersebut sering menabrak
tembok karena belum stabil seperti sekarang ini. Hal itu karena begitu sulitnya dikendalikan. Namun setelah disempurnakan dan mulailah diujikan dijalan raya, perhatian orang beralih dari mengejek menjadi tertuju ke kereta kuda. Hingga akhirnya Motorwagen
menjadi mobil modern sekarang ini.

Tahun 1883, Benz membuka perusahaan baru yang memproduksi mesin-mesin industri. Dengan cepat perusahaan itu berkembang menjadi besar dan mulai memproduksi mesin berbahan bakar bensin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar